1 PEMROGRAMAN KOMPUTER
Dalam kehidupan sehari-hari, untuk berkomunikasi dengan orang lain,
kita harus menggunakan bahasa yang sama dengan orang tersebut. Apabila
kita menggunakan bahasa Indonesia, lawan bicara kita juga harus
mengerti bahasa Indonesia. Kalau lawan bicara kita tidak mengerti
bahasa Indonesia, kita masih berkomunikasi dengannya melalui seorang
penerjemah.
Dalam pemrograman komputer, berlaku juga hal seperti diatas. Kita harus
menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer untuk memberikan
suatu instruksi atau perintah. Langkah-langkah yang kita lakukan dalam
memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah inilah
yang dinamakan dengan pemrograman komputer.
Dalam pemrograman komputer, ada beberapa langkah yang harus kita perhatikan, yaitu:
1. Mendefinisikan masalah. Pada langkah ini tentukan masalahnya seperti
apa, kemudian apa saja yang harus dipecahkan dengan komputer, dan yang
terakhir adalah apa masukannya dan bagaimana keluarannya.
2. Menentukan solusi. Setelah masalah didefinisikan dengan jelas,
masukan apa yang diberikan sudah jelas, keluaran apa yang diinginkan
sudah jelas, langkah selanjutnya adalah mencari jalan bagaimana masalah
tersebut diselesaikan.
3. Memilih algoritma. Langkah ini merupakan langkah penting dalam
pemrograman komputer, karena pemilihan algoritma yang salah akan
menyebabkan program memiliki unjuk kerja yang kurang baik. Algoritma
pemrograman akan dibahas lebih lanjut pada suba bab berikutnya.
4. Menulis program. Pada langkah ini kita mulai menuliskan program
komputer untuk memecahkan masalah. Ada beberapa hal yang harus
dipertimbangkan saat memilih bahasa pemrograman diantaranya adalah
masalah yang dihadapi dan bahasa pemrograman yang dikuasai.
5. Menguji program. Setelah program selesai ditulis, kita harus
mengujinya. Pengujian pertama adalah apakah program berhasil
dikompilasi dengan baik? Pengujian berikutnya apakah program dapat
menampilkan keluaran yang diinginkan?
6. Menulis dokumentasi. Hal ini biasanya dilakukan bersamaan menulis
program, artinya pada setiap baris program atau pada setiap beberapa
baris program, kita menambahkan komentar yang menjelaskan kegunaan dari
suatu pernyataan.
7. Merawat progam. Langkah ini dilakukan setelah program selesai
dibuat, diuji dan sudah digunakan oleh pengguna. Contoh perawatan adalah
melakukan revisi jika pengguna ingin menbambahkan suatu fasilitas baru
pada program tersebut.
2 ISTILAH-ISTILAH DASAR
Ada beberapa istilah dasar yang perlu dipahami sebelum mempelajari pemrograman komputer, yaitu:
* Program adalah kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasinya yang
disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan
langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan
menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer.
* Bahasa pemrograman merupakan prosedur atau tata cara penulisan
program. Pada bahasa pemrograman terdapat dua faktor penting yang harus
diperhatikan yaitu sintak (aturan-aturan atau tata cara penulisan) dan
semantic (aturan-aturan untuk menyatakan suatu makna/arti.
* Pemrograman merupakan proses mengimplementasikan urutan langkah untuk
menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan suatu bahasa
pemrograman.
* Pemrograman terstruktur merupakan proses mengimplementasikan urutan
langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program yang
memiliki rancang bangun yang terstruktur dan tidak berbelit-belit
sehingga mudah ditelusuri, dipahami dan dikembangkan oleh siapa saja.
3 ALGORITMA
Dalam bidang pemrograman, algoritma dedifinisikan sebagai suatu metode
khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur
dan dituliskan secara sistematis, yang akan dikerjakan untuk
menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer.
Proses dari masalah hingga menjadi suatu algoritma disebut tahap
pemecahan masalah. Sedangkan tahap dari algoritma hingga menjadi suatu
program komputer disebut tahap implementasi.
Kriteria Algoritma yang baik adalah :
1. Tepat, benar, sederhana, standard an efektif
2. Logis, terstruktur dan sistematis
3. Semua operasi terdefinisi
4. Semua proses harus berakhir setelah sejumlah langkah dilakukan
5. Ditulis dengan bahasa standar dengan format pemrograman agar mudah
diimplementasikan dan tidak menimbulkan arti bias maupun ganda.
4 PENYAJIAN ALGORITMA
Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan biasanya menggunakan metode
English structure), sedangkan penyajian algoritma dalam bentuk gambar
atau simbol biasanya menggunakan metode flowchart program.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar